INTER Tertahan



Senin, 8/3/2010 | 04:29 WIB

MILAN, KOMPAS.com — Inter Milan hanya menuai hasil seri 0-0 melawan Genoa di pada lanjutan laga Serie-A, di Stadion San Siro, Minggu (7/3/2010). Inter kini mengoleksi 58 poin, atau cuma unggul empat angka dari AC Milan di tempat kedua. Mengingat Serie-A masih menyisakan sepuluh laga, persaingan scudetto pun dipastikan semakin panas.

Inter pantas kecewa dengan hasil itu. Bermain di kandang sendiri dengan kekuatan penuh, mereka konsisten mengalirkan serangan sejak menit-menit awal. Selain itu, mereka juga berhasil menciptakan peluang gol. Pada menit ke-19, misalnya, Sulley Ali Muntari melepaskan tembakan, yang sayangnya, meleset dari sasaran.

Namun, Genoa tak kalah ngotot. Mengandalkan Giuseppe Sculli, David Suazo, dan Giandomenico Mesto di lini depan, Genoa nyaris unggul. Pada menit ke-24, misalnya, Suazo melepaskan tembakan keras setelah berhasil memaksimalkan umpan Alberto Zapater. Beruntung, kiper Inter, Julio Cesar, sigap meredam laju bola.

Ternyata, ancaman memantik semangat Genoa. Bagaimana tidak, Genoa lebih banyak melakukan ancaman dan unggul penguasaan bola. Hal ini memaksa Inter lebih sibuk menjaga pertahanannya daripada melakukan serangan. Lihat saja bagaimana Lucio dkk terlihat kerepotan untuk mengadang penetrasi Alberto Zapater pada menit ke-32. Beruntung, tembakannya masih melebar dari gawang Cesar. Meskipun demikian, gawang Inter tetap aman hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Inter langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama dibukukan Milito pada menit ke-50. Setelah berhasil menguasai umpan terobosan Balotelli, Milito menggiring bola hingga ke kotak penalti. Namun, bola yang ditembaknya gagal mengenai target meski sempat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Genoa, Marco Amelia.

Melihat serangan timnya selalu tumpul, pelatih Jose Mourinho melakukan perombakan di lini depan. Ia memasukkan Samuel Eto'o untuk menggantikan Pandev pada menit ke-56.

Meskipun demikian, perubahan strategi ini tak berarti membuat lini depan Inter makin runcing. Lagi-lagi, Inter kembali disibukkan menjaga pertahanannya. Genoa memang tampil menawan pada laga ini. Selain mampu membuat lini pertahanan yang solid, kerja sama satu-dua Genoa cukup merepotkan Inter.

Di balik desakan lawannya, Inter masih menyelipkan peluang emas. Pada menit ke-75, misalnya, Maicon yang melakukan di sektor kanan, melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih sulit mengenai target. Lima menit kemudian, giliran Eto'o yang mengancam gawang Amelia. Seusai meliuk-liuk di depan kotak penalti, Eto'o melepaskan tembakan keras. Namun, yang terjadi Amelia tak kesulitan untuk menjinakkan bola.

Jelang laga usai, Inter lebih banyak menguasai permainan. Praktis kali ini Genoa yang sibuk mengamankan jantung pertahanannya. Bagi Genoa, bisa menahan imbang merupakan sebuah prestise mengingat Inter yang terlihat superior. Dan, akhirnya Genoa sukses menahan Inter dengan skor akhir imbang tanpa gol.

0 komentar:

Posting Komentar